Ada Apa Dengan Lionel Messi & Nomor Punggung 10 Barcelona?

Sabtu, 17 April 2021

Arenabola.id – Pemain Argentina itu menjelma menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa dengan nomor 10 di Barcelona, tetapi apa pentingnya?

Lionel Messi telah menjadi andalan Barcelona lebih dari satu dekade, sang penyerang tersebut menjadi sinonim dari Blaugrana.

Dia memegang reputasi sebagai salah satu pemain yang paling dicintai dalam generasinya, setelah mencuat sebagai pemain ajaib di Camp Nou dan menjadi bagian krusial dari era emas tim di bawah asuhan Pep Guardiola.

Penyerang Argentina itu akan selamanya dikenal sebagai pemilik No.10 yang ikonik, tetapi mengapa ia mengenakan nomor itu, dan apakah klub akan memensiunkan nomor itu untuk menghormatinya?

Mengapa Messi memakai No.10 di Barcelona?

Messi memulai karier tim utama di Barcelona dan mencetak gol senior perdana untuk klub dengan memakai No.30, sebelum ganti ke No.19 setelah tampil secara reguler.

Ia mewarisi No.10 dari mantan rekan setimnya, Ronaldinho, yang meninggalkan klub pada akhir musim 2007/08.

Jersey No.10 menyimpan begitu besar beban dan nomor itu biasanya disimpan untuk sosok yang menjadi pusat permainan tim.

Messi telah berbicara tentang pengaruh Ronaldinho dalam kariernya, terutama dengan panduan pemain asal Brasil tersebut saat transisi dari tim junior ke senior.

“Dia [Ronaldinho] amat sangat membantu,” ujar Messi pada laman resmi klub 2013 silam. “Tidak pernah mudah masuk ke ruang ganti pada usia 16, terutama dengan karakter saya.

“Sebelum meninggalkan klub [Ronaldinho] keluar beberapa bulan di mana ia berpikir tentang beberapa hal.

“Dia sudah berpikir bahwa dia akan pergi dan dia memberitahu saya untuk menyimpan nomornya. Saya menerima tanpa melihat apa yang ia lakukan dengan jerseynya. Jika saya melihatnya. Saya tidak akan mengambilnya.”

Memang, Ronaldinho yang memberi assist Messi pada gol perdananya di La Liga, dengan kedua sosok tersebut tetap saling mengagumi satu sama lain hingga hari ini.

Apakah Barcelona akan memensiunkan jersey No.10?

Akan menjadi hal wajar jika Barcelona pada akhirnya memensiunkan No.10 untuk menghormati Messi. Bagaimanapun juga, No.10 akan menjadi beban yang terlalu berat untuk dipikul bagi deputi Messi di klub, dengan perannya terlihat mustahil bisa digantikan.

Tetapi, meski klub Catalan tersebut ingin melakukan hal tersebut, mereka tidak akan bisa mewujudkannya.

Aturan sepakbola Spanyol menyatakan bahwa setiap tim hanya diperbolehkan mendaftarkan 25 pemain di skuad, dan tim harus memberi nomor antara 1 hingga 25.

Memensiunkan No.10 berarti membuat Blaugrana kekurangan satu pemain.

Terlepas dari aturan tersebut, Ronaldinho menegaskan mantan klubnya tersebut harus melarang pemain lain mengenakan nomor itu ketika Messi pergi.

“Ketika Messi pensiun, yang saya harap masih lama dari sekarang, mereka harus meninggalkan No.10 agar tidak ada orang yang menyentuhnya lagi,” ujarnya kepada The Sun pada 2018.

Barcelona hanya diizinkan memensiunkan No.21 milik Luis Enrique selama dua tahun (2004-2006) karena regulasi. Nomor tersebut kemudian diberikan kepada Lilian Thuram pada 2006.

Hal Menarik Lainnya