Ada Kemungkinan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 Ditiadakan Saja?

Sabtu, 05 Desember 2020

Arenabola.id – Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 ditunda lagi. Kali ini digeser dan direncanakan baru lanjut pada Februari 2021. Kenapa tidak ditiadakan saja?

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan bahwa keputusan yang diambil PSSI baru bersifat penundaan. Keputusan Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang menunda kompetisi adalah bentuk antisipasi kompetisi tak mungkin digelar karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada akhir tahun.

Adapun PSSI berencana menggulirkan kompetisi pada awal November setelah rencana kick-off pada awal Oktober ditolak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Sampai saat ini, Polri juga belum memberikan izin kompetisi menjelang berakhirnya Bulan Oktober.

Dalam keputusan terbaru PSSI, memang ada opsi melanjutkan kompetisi pada Februari tahun depan. Namun belum tentu juga dalam keputusan resmi yang ditandai dengan Surat Keputusan (SK) akan kembali memutuskan melanjutkan kompetisi.

Keputusan resmi masih akan diambil lagi dalam kesempatan yang akan datang. Bisa jadi akan ada keputusan meniadakan kompetisi. Ada juga kemungkinan mengubah format kompetisi hingga tetap menggunakan format lama andai memutuskan kompetisi lanjut.

“Nah ini lagi dirumuskan dulu, untuk sementara kami undur dulu sampai Februari, tapi keputusan itu masih kami tunggu juga sambil mendengar masukkan dari klub-klub,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, kepada wartawan terkait potensi menghentikan kompetisi.

Menurut PT LIB, keputusan melanjutkan atau menghentikan kompetisi tak bisa diambil secara sepihak. PSSI, kata PT LIB, akan kembali meminta pendapat dari para klub.

Keputusan melanjutkan kompetisi pada November lalu juga tak lepas dari keputusan klub dalam Rapat Extraordinary di Yogyakarta, pada 13 Oktober lalu. Langkah serupa akan kembali dilakukan untuk memutuskan nasib kompetisi.

“Karena kan klub-klub pasti punya masalah sendiri, bagaimana kaitannya dengan kontrak pemain dan sponsor,” ujar Akhmad Hadian.

“Jadi, kami menunggu masukkan dari klub-klub minggu ini habis itu kita rapat lagi untuk menentukan (dihentikan atau jalan di Februari),” ucapnya.

Hal Menarik Lainnya