Barcelona Vs Ferencvaros: 10 Pemain Barca Menang 5-1

Rabu, 25 November 2020

Arenabola.id – Barcelona menang telak atas Ferencvaros di laga perdananya di Liga Champions 2020/21. Mereka menang 5-1 meski menutup laga dengan 10 orang usai Gerard Pique dikartu merah.

Laga Barcelona vs Ferencvaros di matchday 1 Grup G Liga Champions di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB, berjalan berat sebelah. Tuan rumah tampil begitu dominan dengan penguasaan bola mencapai 62% dan melepaskan 22 tembakan di sepanjang laga.

Di babak pertama, Barcelona sudah unggul 2-0 berkat gol Lionel Messi dan Ansu Fati. Philippe Coutinho kemudian menambah keunggulan Barcelona di awal babak kedua.

Ferencvaros sempat memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi penalti Ihor Kharatin di menit ke-68. Penalti itu berawal dari pelanggaran Gerard Pique yang juga berujung kartu merah untuk bek Barcelona itu.

Meski menuntaskan sisa laga dengan 10 orang, Barcelona tetap mampu menambah gol. Pedri dan Ousmane Dembele mencetak gol di 10 menit terakhir laga untuk memantapkan kemenangan Blaugrana.

Dengan hasil ini, Barcelona untuk sementara memimpin klasemen Grup G dengan tiga poin. Mereka unggul selisih gol atas Juventus yang beberapa jam sebelumnya menang 2-0 atas Dynamo Kiev.

Jalannya Pertandingan

Barcelona mendominasi permainan sejak awal. Peluang pertama didapat Barcelona di menit ke-17. Lionel Messi mendapat ruang di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan. Namun, Denes Dibusz masih bisa menepis bola.

Ferencvaros sempat mengancam gawang Barcelona di menit ke-20. Isael yang berlari masuk ke kotak penalti Barcelona menerima bola dari Tokmac Nguen. Isael kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempat, tapi bola hanya membentur mistar gawang.

Tendangan bebas untuk Barcelona di sisi kanan. Messi menyodorkan bola kepada Philippe Coutinho yang kemudian melepaskan tembakan first time. Upaya Courtois itu masih melebar dari gawang.

Penalti untuk Barcelona! Tim tuan rumah mendapat penalti di menit ke-27. Wasit menunjuk titik putih setelah Messi dilanggar oleh Adnan Kovacevic. Messi yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Barcelona unggul 1-0.

Serangan Barcelona membuat Denes Dibusz harus kerja keras. Trincao melepaskan umpan kepada Ansu Fati yang ada di tengah kotak penalti. Dia menyambar bola dengan tendangan first time dan memaksa Dibusz melakukan penyelamatan.

Fati akhirnya menggandakan keunggulan Barcelona tiga menit jelang turun minum. Frenkie De Jong mengangkat bola melewati pertahanan Ferencvaros dan Fati yang menjaga posisinya tetap onside kemudian menyambut bola dengan tendangan voli ke arah tiang jauh.

Barcelona tak butuh waktu lama untuk menambah gol di babak kedua. Tujuh menit usai restart, giliran Coutinho yang menjebol gawang Ferencvaros.

Messi mengoper bola kepada Fati yang kemudian meneruskannya kepada Coutinho yang berdiri bebas di sisi kiri kotak penalti Ferencvaros. Coutinho langsung menyambar bola dan tendangan kaki kanannya itu menaklukkan Dibusz di tiang dekat.

Ferencvaros melancarkan serangan balik di menit ke-60. Nguen berhasil masuk ke kotak penalti Barcelona meski melebar ke kanan. Dia kemudian menyodorkan bola kepada Isael yang ada di depan kotak penalti. Namun, sepakan Isael masih melambung di atas mistar gawang.

Serangan balik jadi senjata Ferencvaros. Kali ini serangan balik tim tamu di menit ke-68 berujung penalti dan kartu merah untuk Gerard Pique. Bek Barcelona itu menjatuhkan Nguen saat penyerang Ferencvaros itu akan melepaskan tembakan di kotak penalti.

Ihor Kharatin maju sebagai eksekutor penalti. Dia mengecoh Neto untuk membawa Ferencvaros memperkecil ketertinggalan.

Gol Kharatin membuat Ferencvaros lebih bersemangat menyerang. Ferencvaros sempat mengancam gawang Barcelona di menit ke-75. Somalia mengoper bola kepada Mak yang ada di sisi kiri kotak penalti dan dia melepaskan tembakan dari sudut sempat. Namun, bola cuma mengenai sisi samping luar jaring gawang.

Barcelona melebarkan keunggulan di menit ke-82. Dari serangan balik, Ousmane Dembele yang bergerak di sisi kanan menggiring bola hingga ke kotak penalti. Dia kemudian melepaskan umpan tarik yang dituntaskan oleh Pedri.

Barcelona makin membuat Ferencvaros terbenam di menit ke-89. Messi membawa bola di kotak penalti dan dapat kawalan ketat pemain-pemain Ferencvaros. Meski demikian, dia masih bisa melepaskan umpan yang kemudian dituntaskan Dembele jadi gol.

Di injury time, Barcelona nyaris menambah gol. Messi mengeksekusi tendangan bebas dan bola tendangannya melewati pagar betis pemain Ferencvaros. Bola yang mengarah ke pojok atas gawang masih bisa dihalau oleh Dibusz.

Susunan Pemain

Barcelona: Neto; Sergi Roberto (Junior Firpo 63′), Gerard Pique, Clement Lenglet, Sergino Dest; Philippe Coutinho (Araujo 70′), Miralem Pjanic (Busquets 76′), Frenkie de Jong; Trincao (Dembele 63′), Lionel Messi, Ansu Fati (Pedri 63′)

Ferencvaros: Denes Dibusz; Endre Botka, Miha Blazic, Adnan Kovacevic, Eldar Civic (Heister 63′); Ihor Kharatin, Aissa Laidouni (Somalia 63′); Isael, David Siger, Oleksandr Zubkov (Mak 71′); Tokmac Nguen (Boli 71′)

Hal Menarik Lainnya