Barisan Muda Inggris Bekuk Belgia 2-1

Rabu, 28 Oktober 2020

Arenabola.id – Inggris dan Belgia sama-sama dihadiahi penalti di babak pertama, namun Mason Mount menjadi pembeda lewat gol penentunya di babak kedua.

Tembakan berbelok arah yang dilepaskan Mason Mount memastikan kemenangan 2-1 Inggris saat menjamu Belgia di ajang UEFA Nations League, Minggu (11/10) malam WIB tadi, dan hasil semalam menghadirkan kekalahan pertama untuk The Red Devils selama hampir dua tahun terakhir.

Belgia mengalahkan Inggris dua kali di Piala Dunia 2018 dan mampu memimpin lebih dulu di menit ke-15 di Wembley berkat penalti Romelu Lukaku, setelah sebelumnya penyerang Inter Milan tersebut dijatuhkan Eric Dier di dalam kotak terlarang.

Itu merupakan gol pertama yang bersarang ke gawang Inggris arahan Gareth Southgate pada 2020 namun mereka bisa menyamakannya sebelum jeda, dengan Marcus Rashford tidak menyia-nyiakan kesempatan dari titik putih setelah Thomas Meunier melakukan pelanggaran atas Jordan Henderson di area penalti.

Setelah menghabiskan babak pertama dengan didominasi tim lawan, Inggris terlihat bisa bersaing di paruh kedua dan mendapatkan kemenangannya ketika tendangan Mount berbelok arah mengenai Toby Alderweireld untuk sekaligus memperdaya Simon Mignolet.

Kekalahan ini menjadi yang pertama untuk Belgia mengingat mereka tidak pernah kalah sejak November 2018 lalu, ketika dibantai Swiss lewat skor telak 5-2.

Adapun di pertandingan ini, Yannick Carrasco sempat mencetak gol pembuka untuk Belgia pada menit ke-11, tetapi Timothy Castagne dinilai offside dalam posisi yang menghalangi pandangan kiper Jordan Pickford.

Tuan rumah sejatinya ingin meraih clean sheet ketujuhnya secara beruntun, yang nantinya akan menjadi rekor baru untuk Inggris, tetapi harapan itu pupus ketika Dier menjatuhkan Lukaku di kotak penalti dan penyerang itu bangkit untuk mengonversi hadiah dari wasit.

Lukaku tampil dominan yang menyimpulkan kendali awal Belgia atas lawannya, dengan Inggris kesulitan untuk menguasai bola atau menyentuh mantan bintang Manchester United itu.

Tapi tim Southgate diberi jalan untuk kembali ke pertandingan ketika Henderson dilanggar oleh Meunier meski hanya ada kontak minimal dan Rashford dengan percaya diri melepaskan tembakan dari jarak 12 pas.

Sebelum ini Belgia mendapati 12 kemenangan beruntunnya terhenti seturut hasil imbang 1-1 melawan Pantai Gading pada Kamis pekan lalu, sementara Inggris mencari kemenangan ke-20 dari 21 pertandingan kandangnya.

Adalah Inggris yang memulai babak kedua dengan tekad yang lebih besar tetapi mereka butuh waktu hingga menit ke-64 untuk gol berikutnya, sebagaimana tembakan Mount yang memantul dan mengenai Alderweireld tak bisa dijangkau oleh Mignolet.

Pasukan Roberto Martinez mencoba mengejar di 20 menit terakhir, dengan upaya Carrasco melebar dan Lukaku menemui kegagalan tak lama setelah itu, sementara pemain pengganti Harry Kane melewatkan peluang yang sangat baik di sisi lain.

Dengan hasil ini, Inggris untuk sementara menempati puncak klasemen Grup A2 lewat koleksi tujuh poin dari tiga pertandingan, sedangkan Belgia membuntuti di urutan kedua dengan raihan enam angka.

Hal Menarik Lainnya