Bedah Mitos: “Penaldo!” Apakah Mayoritas Gol Cristiano Ronaldo Dari Titik Penalti …

By Editor-S - pada 29th Mar 20 8:25 pm

Arenabola.id – Penyerang asal Portugal itu adalah salah satu pemain paling produktif dalam sejarah sepakbola, namun ia telah lama dituding mengandalkan penalti.

Cristiano Ronaldo pantas gembira setelah mencetak quat-trick melawan Malmo pada 9 Desember 2015 untuk kemudian menjadi pemain pertama yang mengemas gol di angka dua digit di babak grup Liga Champions.

Ia pun senang untuk meladeni wartawan di mixed zone setelah pertandingan di Santiago Bernabeu. Akan tetapi, mood-nya tiba-tiba berubah – dan itu bisa dipahami – karena mendapat pertanyaan soal apakah golnya mayoritas dari penalti.

Waktu itu jelas aneh untuk melontarkan pertanyaan seperti itu, mengingat tidak satu pun gol yang ia cetak di malam tersebut datang dari titik putih. Lebih mencengangkan lagi, hanya dua dari 11 gol yang ia cetak di babak grup yang benar-benar berasal dari sepakan 12 pas.

Jadi, Ronaldo kala itu mencoba membantah dengan menilai wartawan telah keliru menilainya. “Kalian harus lihat statistik,” ujarnya. “Berapa gol yang telah saya cetak untuk Real Madrid? Dan bukan semuanya adalah penalti.”

Tapi julukan ‘Penaldo’ lantas digunakan oleh pembencinya, dan itu masih saja dilontarkan sampai saat ini.

Ronaldo mungkin memiliki cela, namun ia tidak diragukan lagi merupakan salah satu pencetak gol terhebat dan terlengkap yang pernah ada dalam sejarah. Hal itu terlihat jelas sejak awal kariernya di Madrid, tak lama setelah bergabung dari Manchester United pada musim panas 2009.

Tentu saja, Ronaldo dimanjakan di Bernabeu, di mana dia dengan cepat menjadi titik fokus serangan Los Blancos.

Gonzalo Higuain sejatinya menjalani musim pertama yang bagus bersama pria Portugal itu, mengemas 29 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi, tapi ia justru kehilangan perannya sebagai penyerang pilihan utama selama kampanye musim 2010/11 dan merelakan itu kepada Karin Benzema, yang dianggap lebih baik untuk melayani Ronaldo karena dia tidak mementingkan diri sendiri.

 

Hal Menarik Lainnya