Bukan Tak Lolos Tes Medis, Michael Cuisance Ungkap Kegagalannya Gabung Leeds United

Selasa, 27 Oktober 2020

Arenabola.id – Pemain 21 tahun itu sempat hampir merapat ke Leeds sebelum transfernya dari Bayern Munich kolaps di menit-menit akhir.

Rekrutan teranyar Marseille Michael Cuisance menyanggah laporan yang menyebut kepindahannya ke Leeds United urung terwujud karena gagal lolos tes medis.

Cuisance tampak siap mengamankan transfer ke Elland Road setelah Leeds mencapai kesepakatan senilai £18 juta (€20 juta / $23 juta) dengan Bayern Munich, yang di dalamnya termasuk klausul pembelian kembali untuk raksasa Bavaria tersebut.

Tetapi transfer itu buyar meski pemuda 21 tahun itu sempat datang ke Inggris minggu lalu dan menyetujui kontrak dengan tim promosi Liga Primer tersebut, yang sejatinya telah menyiapkan kontrak hingga Juni 2025.

Setelah kepindahannya itu batal, Cuisance sepakat untuk bertolak ke Ligue 1 dan merapat ke Marseille dengan perjanjian satu tahun pinjaman.

Sejumlah laporan lantas menyebut bahwa tes medis yang gagal adalah penyebab ia batal gabung Leeds, sementara L’Equipe mengklaim bahwa Marcelo Bielsa menghentikan transfer itu setelah menemukan kebugaran Cuisance tidak sesuai harapan manajer.

Tapi selama perkenalannya sebagai rekrutan terbaru Marseille, pemuda Prancis itu bersikeras masalah fisik bukanlah penyebab ia gagal gabung Leeds.

“Tidak ada masalah dengan medis, bersama Marseille itu berjalan sangat baik, saya dalam kondisi baik dan siap bermain,” jelas Cuisance kepada wartawan, Rabu.

“Di Leeds, tidak ada masalah dari sisi saya.”

Direktur sepakbola Marseille Pablo Longoria mengamini pernyataan dari pemain barunya itu, dengan menyatakan: “Kami tidak menemukan masalah apapun dengan medisnya, semuanya telah dilakukan dengan benar. Dia benar-benar fit, 100 persen.”

Cuisance memulai karier profesionalnya bersama Nancy di negara asalnya Prancis sebelum pindah ke Jerman pada usia 17 tahun ketika Borussia Monchengladbach menebus jasanya pada musim panas 2017.

Sang gelandang memperkuat Gladbach selama dua musim, dengan potensinya di tengah lapangan membuat Bayern memboyongnya.

Tetapi musimnya bersama juara bertahan Bundesliga dan Eropa itu tidak berjalan sesuai harapan sebagaimana Cuisance jarang mendapat kesempatan, karena ia hanya mencatat sepuluh penampilan untuk tim utama Bayern di semua kompetisi sepanjang 2019/20.

Pada 2020/21, Cuisance baru tampil sekali untuk Bayern saat masuk dari bangku cadangan dan bermain di 18 menit terakhir ketika membabat Schalke lewat skor 8-0 pada September kemarin.

Hal Menarik Lainnya