Felix Magath: Barcelona Juara Karena Lionel Messi, Bukan Karena Pep Guardiola

Rabu, 28 September 2022

Arenabola.id – Kisah sukses Pep Guardiola di Barcelona tidak akan mungkin terjadi jika tanpa Lionel Messi di sisinya. Demikian yang diungkapkan oleh eks pelatih Bayern Munich Felix Magath.

Barcelona sukses mengubah wajah sepakbola ketika Guardiola melatih pada 2008 hingga 2012. Dengan sistem tiki-taka yang disempurnakannya, Barca merebut treble — La Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions — di musim 2008/09. Dua tahun berselang, mereka kembali merajai benua Eropa.

Total, 14 trofi berhasil direngkuh oleh Guardiola dalam empat tahunnya di Camp Nou. Namun, setelah meninggalkan Barcelona, Guardiola belum mampu mengulangi pencapaiannya di Liga Champions.

Guardiola memang mampu merajai kompetisi domestik bersama Bayern Munich dan kini di Manchester City, tapi masih belum sanggup menaklukkan Eropa. Magath pun mempertanyakan kapabilitas Guardiola. Ia bahkan menyebut keberhasilan Barca di era Guardiola sepenuhnya terjadi karena Messi.

“Mereka juara karena Messi, bukan Guardiola,” kata Magath keada Sport Bild.

“Tanpa Messi, sistem ini tidak akan sukses. Jika tidak, Guardiola seharusnya sudah jauh-jauh hari menjuarai Liga Champions bersama Bayern atau Manchester City.”

Tiki-taka hanya jalan jika Anda memiliki pemain dengan teknik superior ketimbang lawan. Bagi para penonton, taktik mempertahankan bola seperti itu terasa membosankan dan tidak diperlukan.”

“Menurut saya, Guardiola terlalu sering tersesat saat mencoba memenangkan pertandingan. Taktiknya sering berujung pada keputusan yang keliru sehingga mencegahnya meraih kesuksesan.”

Magath juga menyampaikan sentilannya kepada pelatih lain, Jurgen Klopp. Menurutnya, keberhasilan Liverpool dalam beberapa tahun terakhir terjadi karena kelihaian mereka merekrut pemain di bursa transfer, bukan karena taktik Klopp.

“Faktor utama yang membuat sistem Jurgen Klopp bisa sukses adalah karena keputusannya dalam memilih pemain, bukan karena taktiknya. Jika Liverpool tidak membeli Alisson senilai €60 juta dan Virgil van Dijk senilai €85 juta, sistem ini mungkin tidak akan sukses,” imbuh Magath.

Hal Menarik Lainnya