Jadon Sancho & Erling Haaland Masuk Nominasi Final Golden Boy 2020

Jumat, 23 Oktober 2020

Arenabola.id – Duo Borussia Dortmund ini memimpin daftar akhir Golden Boy, penghargaan pemain muda terbaik Eropa bergengsi.

Jadon Sancho dan Erling Haaland memimpin daftar nominasi Golden Boy 2020 yang kini telah dipangkas menjadi 20 nama pemain.

Sebelumnya, ajang penghargaan tahunan untuk memilih pemain muda terbaik Eropa ini telah mengumumkan 100 nomine pada Juni lalu, lalu dipangkas menjadi 40 nama pada September lalu. Kini, media Italia Tuttosport selaku penyelenggara Golden Boy telah merilis daftar 20 nama.

Golden Boy diberikan kepada pesepakbola berusia maksimal 21 tahun yang merumput di divisi teratas liga domestik Eropa. Deretan nama top seperti Lionel Messi, Paul Pogba, Kylian Mbappe, dan Matthijs de Ligt, pernah merebut gelar ini di masa lalu.

Joao Felix menjadi pemenang pada edisi 2019. Sancho ketika itu finis kedua dan Haaland finis keempat. Duo Borussia Dortmund itu sama-sama berpotensi finis teratas di tahun ini menyusul performa mengesankannya.

Sancho terlihat semakin matang di Dortmund dan membuat Manchester United begitu bernafsu untuk membawanya pulang ke Inggris meski pada akhirnya gagal setelah tak menyanggupi banderolnya yang sebesar €120 juta.

Sementara itu, Haaland semakin menggila sejak pindah ke Dortmund dari Red Bull Salzburg pada Januari lalu. Sejauh ini, penyerang Norwegia itu sudah mengemas 21 gol dari 23 pertandingan bareng BVB.

Pesaing terkuat Sancho dan Haaland barangkali adalah penyerang Barcelona Ansu Fati dan bek kiri Bayern Munich Alphonso Davies. Nama yang disebut terakhir ini jadi bagian tak terpisahkan di skuad Bayern yang sanggup meraih treble di musim lalu.

Fati ditemani rekan setimnya Seginho Dest yang baru pindah dari Ajax ke Barcelona senilai €21 juta. Musuh bebuyutan Barca, Real Madrid, mewakilkan dua nama dalam daftar final ini, yakni Vinicius Junior dan Rodrygo Goes.

Pemuda dari Liga Primer Inggris terlihat dominan dengan memiliki enam nama, yakni duo Manchester City Phil Foden dan Ferran Torres, penyerang Manchester United Mason Greenwood, striker Wolverhampton Wanderers Fabio Silva, winger Chelsea Callum Hudson-Odoi, dan bintang belia Arsenal Bukayo Saka.

Tuttosport masih belum memberikan tanggal pasti kapan pemenang Golden Boy 2020 akan diumumkan, tapi diperkirakan akan dilakukan pada November. Sebanyak 40 jurnalis dari berbagai negara di Eropa akan melakukan penilaian untuk menentukan siapa yang layak menjadi pemain muda terbaik tahun ini.

Daftar Finalis Golden Boy 2020

Mitchel Bakker – PSG
Eduardo Camavinga – Rennes
Jonathan David – Lille
Alphonso Davies – Bayern Munich
Sergino Dest – Barcelona
Fábio Silva  – Wolverhampton
Ansu Fati – Barcelona
Phil Foden – Manchester City
Ryan Gravenberch – Ajax
Mason Greenwood – Manchester United
Erling Haaland – Borussia Dortmund
Callum Hudson-Odoi – Chelsea
Dejan Kulusevski  – Juventus
Rodrygo – Real Madrid
Bukayo Saka  – Arsenal
Jason Sancho –  Borussia Dortmund
Dominik Szoboszlai – Red Bull Salzburg
Sandro Tonali  – Milan
Ferrán Torres  – Manchester City
Vinícius Junior – Real Madrid

Hal Menarik Lainnya