Juni, AFC Agendakan Undian Piala Asia U-16 & U-19

By Editor-S - pada 9th Mei 20 7:03 pm

AFC berharap dua negara tuan rumah sudah dalam situasi kondusif agar Piala Asia U-16 dan U-19 dapat digelar.

Meski sejumlah negara belum terbebas dari pandemi virus Corona, konfederasi sepakbola Asia (AFC) mengagendakan drawing Piala Asia U-16 dan U-19 2020. Kedua turnamen itu dijadwalkan berlangung pada September dan Oktober.

Laman federasi sepakbola Vietnam (VFF) menyebutkan, AFC telah memutuskan untuk melakukan drawing pada 18 Juni di Kuala Lumpur. Agenda itu dilakukan setelah memantau perkembangan beberapa negara Asia dalam memerangi pandemi virus Corona.

Walau masih dibayangi pandemi virus mematikan tersebut, AFC berharap agar dua negara tuan rumah, yakni Bahrain dan Uzbekistan, sudah dalam situasi kondusif ketika ajang itu digelar.

Bahrain menjadi tuan rumah Piala Asia U-16 pada 16 September hingga 3 Oktober. Sementara Uzbekistan menghelat Piala Asia U-19 pada 14 sampai 31 Oktober. Indonesia ambil bagian di dua turnamen itu setelah lolos dari babak kualifikasi.

Khusus Piala Asia U-19, ajang ini sekaligus menjadi babak kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 zona Asia. FIFA telah memberikan jatah lima tim dari zona Asia untuk berlaga di Piala Dunia U-20.

Putaran final akan digelar di Indonesia, sehingga hasil apapun tidak akan memberikan pengaruh terhadap keikutsertaan tim Merah Putih. Dengan demikian, tim yang berhasil menembus semi-final Piala Asia U-19 berhak tampil di Piala Dunia U-20. Jika Indonesia lolos ke semi-final, AFC akan menggelar play-off bagi tim perempat-finalis untuk memperebutkan tiket keempat.

Berdasarkan penentuan unggulan, AFC telah menetapkan tuan rumah Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar di Lot 1. Sedangkan Lot 2 berisikan Jepang, Tajikistan, Australia, dan Indonesia. Sementara Lot 3 dihuni Vietnam,  Malaysia, Irak dan Kamboja. Lot 4 ditempati Iran, Yaman, Bahrain, dan Laos.

Hal Menarik Lainnya