Lawan Bulgaria, Timnas Indonesia U-19 Sulit Menang

Senin, 02 Agustus 2021

Arenabola.id – Pertandingan kontra Bulgaria jadi laga pertama timnas Indonesia U-19 di International U-19 Friendly Tournament 2020.

Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Bulgaria pada laga perdana International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Sabtu (5/9). Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, menyebut anak asuhnya tidak mudah untuk meraih kemenangan.

Sudah empat hari timnas Indonesia U-19 melangsungkan pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Pasukan Garuda Muda berlatih sehari tiga kali, yang materi utamanya fisik dan diselingi sejumlah materi lainnya.

Tae-yong sadar Bulgaria memiliki kualitas yang lebih baik dibanding timnas Indonesia U-19. Oleh karena itu, ia menginginkan para pemainnya memanfaatkan pertandingan tersebut sebagai pelajaran yang berharga.

“Saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Jadi besok akan menjadi pertandingan yang tidak mudah bagi kami. Namun kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses,” kata Tae-yong dikutip laman resmi PSSI.

“Bulgaria secara postur tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik juga staminanya bagus. Intinya pertandingan besok tidak mudah bagi kami, tetapi memang kami TC ke Eropa untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim,” Tae-yong menambahkan.

Sementara gelandang timnas Indonesia U-19 David Maulana, mengaku tidak sabar melakoni laga kontra Bulgaria. Menurutnya, persiapan yang dilakukan timnya berjalan lancar untuk menghadapi pertandingan tersebut.

“Kami sudah siap menjalani laga uji coba melawan Bulgaria. Saat ini selama sepekan tim pelatih masih memberikan porsi latihan fisik dengan intensitas tinggi kepada kami,” ucap David.

Duel kontra timnas Indonesia U-19 jadi yang kedua untuk Bulgaria di turnamen ini. Sebelumnya, pada pertandingan pertama Bulgaria dikalahkan tuan rumah Kroasia dengan skor tipis 3-2.

“Bulgaria tim yang bagus, kami sudah melihat video pertandingan mereka saat melawan Kroasia. Intinya pada uji coba nanti kami dapat mencari pengalaman melawan Bulgaria dan tim terus mengalami perkembangan yang bagus,” ujarnya.

TC di Kroasia sebagai persiapan timnas Indonesia U-19 jelang ambil bagian pada Piala Asia U-19. Akan tetapi, ajang tersebut kemungkinan ditunda karena federasi sepakbola Uzbekistan (UFA), mendapat surat dari AFC, yang mempertimbangan seluruh turnamen di Asia mulai dari Piala Asia U-16, Piala Asia U-19, hingga Piala Asia Futsal dijadwal ulang.

Jika Piala Asia U-19 ditunda, timnas Indonesia U-19 bakal melanjutkan pemusatan latihan di Eropa. Ada tiga negara yang disiapkan untuk menggelar agenda tersebut yakni Turki, Spanyol, dan Portugal.

Hal Menarik Lainnya