Ledakan Pertama Lionel Messi

By Editor-S - pada 1st Mei 20 7:58 pm

Persis 15 tahun yang lalu, Si Kutu menceploskan gol pertamanya untuk tim senior Barcelona.

Sebelum pandemi Covid-19 melumpuhkan sepakbola di seluruh dunia, Lionel Messi sempat mencetak gol penentu kemenangan Barcelona atas Real Sociedad pada awal Maret lalu. Statistik mencatat, itu adalah gol ke-627 yang dibukukan Messi bersama Barcelona.

Keberhasilan Messi menembus lebih dari 600 gol tersebut berawal dari suatu momen yang terjadi persis hari ini 15 tahun lalu. Ya, pada 1 Mei 2005 silam, Messi untuk pertama kalinya meledak lewat gol perdananya bagi tim senior Barca.

Mari bernostalgia mengenang awal mula terciptanya sang mesin gol Blaugarana!

Kala itu, di pengujung kompetisi La Liga Spanyol 2004/2005, Barcelona dan Real Madrid masih berebut posisi puncak klasemen. Pada jornada 34, Barca kedatangan tim papan bawah Albacete di Camp Nou. Namun, pasukan Frank Rijkaard ternyata kesulitan meladeni tamunya itu dan baru bisa memecah kebuntuan lewat Samuel Eto’o di menit ke-66.

Memasuki menit ke-87, Rijkaard merasa puas dengan skor 1-0 sehingga menarik keluar Eto’o dan menggantikannya dengan Messi, sosok remaja 17 tahun yang tengah naik daun. Momen magis seketika terjadi.

Baru beberapa menit berada di lapangan, Messi mampu menggetarkan jala Albacete seusai menuntaskan umpan manis Ronaldinho. Sayang wasit tidak mengesahkan gol tersebut lantaran Messi berada dalam posisi off-side. Messi, yang ketika itu masih mengenakan nomor punggung 30, ternyata enggan menyerah begitu saja.

Di masa injury time, melalui skema permainan yang hampir sama dengan gol yang dianulir tersebut, Messi sekali lagi mendapat umpan lambung dari Ronaldinho, lantas menunggu satu detik agar bola enak ditendang, sebelum melepaskan tembakan cungkil yang tak mampu dijangkau oleh kiper Raul Valbuena.

Seisi stadion menggelora. Sang bocah ajaib berambut gondrong itu terlihat kegirangan menyambut gol bersejarah itu. Ronaldinho kemudian tanpa ragu menggendongnya, larut dalam selebrasi, sebelum dikerubungi oleh rekan setimnya. Messi disambut bak seorang anak SD yang berhasil memenangkan lomba melukis. Semua keluarga besar Barca di Camp Nou memberikan aplaus dan tersenyum puas.

Hal Menarik Lainnya