Mikel Arteta Serukan Pembaruan Aturan VAR di Liga Europa

Rabu, 25 November 2020

London – Mikel Arteta mempertanyakan keputusan Liga Europa yang tidak menggunakan Video Assistant Referee (VAR) selama babak grup. Dia mendesak aturan itu diperbarui.

Arteta angkat suara terkait penggunaan VAR seusai duel Arsenal kontra Molde di matchday 3 Liga Europa 2020/2021 yang berlangsung di Emirates Stadium, Jumat (6/11/2020) dini hari WIB. The Gunners memenangkan laga itu dengan skor 4-1.

Molde lebih dulu membuka gol lewat Martin Elingsen, sebelum disamakan Arsenal via gol bunuh diri Kristoffer Haugen menjelang turun minum. Tim tuan rumah menambah tiga gol di babak kedua berkat gol bunuh diri Sheriff Sinyan, serta gol sepakan Nicolas Pepe dan Joe Willock.

Ada satu insiden yang membuat Mikel Arteta berang ketika Arsenal tengah tertinggal 0-1 di babak pertama. Pada menit ke-42, gol Eddie Nketiah dianulir wasit karena dia dinilai dalam posisi offside sebelum membobol gawang Molde.

Arteta menilai gol Nketiah sah karena sang pemain masih berada di belakang pemain lawan. Namun, tidak adanya tayangan ulang dari VAR membuat wasit tetap bersikukuh dengan keputusannya tersebut.

Seperti diketahui, VAR memang belum diterapkan selama babak grup Liga Europa. Penggunaan teknologi mutakhir itu baru dapat digunakan ketika kompetisi sudah memasuki fase gugur.

Aturan tersebut menimbulkan tanda tanya buat Arteta. Manajer Arsenal tersebut pun menyerukan adanya perubahan soal itu dan menuntut penggunaan teknologi VAR sejak babak grup.

“Saya rasa tidak masuk akal ketika kami memiliki teknologi dan kami semua percaya kalau ini adalah panggilan yang tepat bagi semua orang untuk melakukannya,” kata Arteta, dikutip dari BBC.

“Jadi saya tidak mengerti, kami mengeluh kepada wasit karena kami diberitahui kalau dia jelas dalam posisi onside. Tentu saja itu adalah situasi yang dapat mengubah permainan,” Arteta menambahkan.

“Oleh karena itu, saya pikir ini adalah sesuatu yang harus mereka perhatikan dan jika memungkinkan perlu diubah,” demikian kata Mikel Arteta soal aturan penggunaan VAR di Liga Europa.

Hal Menarik Lainnya