Pemain Timnas Indonesia U-16 & U-19 Diminta Tetap Semangat

By Editor-B - pada 11th Sep 20 10:43 am

Arenbola.id – Iriawan menegaskan, timnas U-19 tetap melanjutkan program TC di Eropa, meski Piala Asia diundur.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan meminta penggawa timnas Indonesia U-16 dan U-19 tidak patah semangat dalam menjalani pemusatan latihan (TC) setelah mengetahui adanya penundaan Piala Asia di dua kelompok umur itu ke awal tahun depan.

Konfederasi sepakbola Asia (AFC) memutuskan menunda pagelaran Piala Asia U-16 dan U-19 akibat angka kasus pandemi virus Corona di sejumlah negara Benua Kuning masih tinggi, sehingga berimbas kepada persiapan tim dan pembatasan penerbangan.

Timnas U-16 saat ini sedang diistirahatkan setelah pada bulan lalu menggelar TC tahap kedua di Bekasi. Anak asuh Bima Sakti itu sebetulnya mengagendakan TC lanjutan pada bulan ini, namun masih menunggu perkembangan.

Bagi timnas U-16, ini merupakan kali kedua turnamen yang akan mereka ikuti mengalami penundaan. Mereka awalnya dijadwalkan memulai petualangan pada 16 September hingga 3 Oktober, namun diundur menjadi 25 November sampai 12 Desember.

Sedangkan timnas U-19 sedang menjalani TC di Eropa. Mereka melakukan rangkaian pertandingan uji coba di Kroasia dalam bentuk turnanemn. TC itu merupakan bagian dari persiapan timnas U-19 tampil di Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada pertengahan Oktober.

Iriawan mengatakan, pihaknya menghormati keputusan AFC yang menunda turnamen bagi pemain junior tersebut, karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan dikutip laman resmi PSSI.

Iriawan menambahkan, PSSI tidak akan mengubah agenda TC timnas U-19 di Eropa. Menurutnya, anak asuh Shin Tae-yong itu akan melanjutkan TC di Turki setelah mereka bertolak dari Kroasia.

“Dengan penundaan Piala AFC U-19 ini, maka timnas U-19 yang saat ini di Kroasia  akan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Selain itu, kami ada alternatif TC di Spanyol atau Portugal. Saat ini kami sudah mendapat persetujuan dari Federasi Turki untuk melanjutkan TC di sana.”

Hal Menarik Lainnya