Pemain Timnas Indonesia U-19 Pingsan Digeber Latihan Fisik Di Kroasia

Minggu, 01 Agustus 2021

Arenabola.id – Hanya saja, Iriawan tidak menyebutkan nama pemain yang pingsan tersebut.

Peningkatan kekuatan fisik masih jadi fokus utama dalam pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Pasukan Garuda Muda, berlatih sehari tiga kali mulai dari pagi, sore, dan malam.

Bahkan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, menyebut ada pemain timnas Indonesia U-19 yang semaput karena latihan berat tersebut. Hanya saja, ia tak mau membeberkan siapa namanya.

“Latihan di Kroasia berjalan keras dan sampai ada pemain yang cedera dan pingsan saat digenjot fisiknya. Jadi kami harap masyarakat dan pendukung timnas Indonesia sabar terlebih dahulu bilamana nanti hasil uji coba kami tidak meraih kemenangan,” kata Iriawan dikutip laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-19 bakal berpartisipasi dalam turnamen yang diikuti tiga negara, yakni Bulgaria, Arab Saudi, dan tuan rumah Kroasia. Ajang tersebut mulai berlangsung pada 5 sampai 11 September mendatang.

Setelah itu, timnas Indonesia U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September mendatang. Lawan yang akan dihadapi antara lain Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb.

Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, menyatakan anak asuhnya dapat memetik pelajaran berharga dan turnamen dan uji coba yang diikuti. Oleh karena itu, ia mau skuad timnas Indonesia U-19 mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

“Tim saat ini masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi. Jadi kami tidak mengincar kemenangan pada laga uji coba nanti. Kami ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain,” ucap Tae-yong.

TC di Kroasia sebagai persiapan timnas Indonesia U-19 jelang ambil bagian pada Piala Asia U-19. Akan tetapi, ajang tersebut kemungkinan ditunda karena federasi sepakbola Uzbekistan (UFA), mendapat surat dari AFC, yang mempertimbangan seluruh turnamen di Asia mulai dari Piala Asia U-16, Piala Asia U-19, hingga Piala Asia Futsal dijadwal ulang.

Penyebabnya, belum berakhirnya pandemi virus corona. Sejumlah negara kesulitan untuk melakukan penerbangan karena sedang melakukan penguncian wilayah atau lockdown.

Jika Piala Asia U-19 ditunda, timnas Indonesia U-19 bakal melanjutkan pemusatan latihan di Eropa. Ada tiga negara yang disiapkan untuk menggelar agenda tersebut yakni Turki, Spanyol, dan Portugal.

Hal Menarik Lainnya