Pep Guardiola Lanjut di City, Tinggal Tunggu Datangnya Messi

Minggu, 29 November 2020

Arenabola.id – Kiprah Pep Guardiola di Manchester City dipastikan lanjut dalam kontrak baru berdurasi dua tahun. Hal ini menguatkan indikasi akan datangnya Lionel Messi.

Kontrak baru Guardiola bersama the Citizens telah diumumkan pada hari Kamis (19/11/2020) kemarin, membuatnya terus lanjut sejak awal kedatangannya ke klub itu di tahun 2016.

Dengan kontrak berdurasi dua tahun itu Pep Guardiola di atas kertas akan bertahan di Man City sampai dengan musim panas 2023, dari kontrak sebelumnya yang akan habis pada musim panas 2021.

Ini juga menjadi penegasan komitmen tersendiri buat Pep Guardiola karena pria 49 tahun itu untuk kali pertama bakal menukangi sebuah klub dengan durasi lebih dari empat tahun.

Pep Guardiola sebelum ini cuma bertahan empat tahun saat pertama kali ditunjuk sebagai pelatih di Barcelona dan sukses besar di sana. Bayern Munich pun lantas ditukanginya dalam periode empat tahun saja. Kelanjutan karier melatihnya di Manchester City pun jadi hal yang baru.

“Satu kesimpulan yang dapat diambil dari kabar hari Kamis mengenai Pep Guardiola. Lionel Messi ke Manchester City. Kali ini hal itu benar-benar akan terjadi,” tulis Martin Samuel dalam kolomnya di Daily Mail.

Pendapat Martin Samuel itu memang harus ditunggu lebih lanjut kesahihannya. Tapi menilik indikasi-indikasi yang ada, arahnya memang ke arah situ. Apalagi sudah sejak musim panas masa depan Lionel Messi jadi spekulasi.

Dengan kontrak yang akan habis pada musim panas depan, Lionel Messi sudah sempat mengajukan agar bisa dilepas Barcelona walaupun kemudian mencabut lagi permintaan itu. Tapi situasi masa depannya tetap penuh tanda tanya.

Secara khusus, kontrak Messi saat ini pun tinggal tersisa beberapa bulan lagi. Jika terus begitu, La Pulga bisa bernegosiasi dengan klub lain di bulan Januari dan kemudian pindah secara free transfer pada musim panas.

“Mungkin di Januari, lebih mungkin di musim panas. Tapi, sulit terbantahkan, motivasi logis Guardiola mengikat dirinya dengan klub sampai dengan 2023 adalah demi menjamin reuni ini (dengan Messi),” sebut Samuel.

Sudah bukan rahasia bahwa salah satu hal yang bikin Lionel Messi santer dikaitkan dengan Manchester City adalah sosok Pep Guardiola yang pernah jadi pelatihnya. Sudah begitu ada pula Txiki Begiristain, direktur sepakbola City, yang sebelumnya di Barca.

Menilik bahwa baru-baru ini Lionel Messi curhat bahwa dirinya merasa lelah dianggap jadi biang keladi atas segala macam masalah di Barcelona, tampaknya memang tinggal tunggu waktu ia akan pergi. Jika demikian, Manchester City akan jadi tujuan favoritnya, salah satunya karena ada Pep Guardiola yang sudah menunggu di sana.

Hal Menarik Lainnya