Pertahanan Timnas Indonesia U-19 Jadi Perhatian Serius Shin Tae-Yong

Senin, 02 Agustus 2021

Arenabola.id – Pertahanan dan stamina pemain menjadi penyebab gawang timnas U-19 kebobolan 13 kali.

Pertahanan timnas Indonesia U-19 perlu mendapat perhatian serius setelah kebobolan 13 gol dalam tiga pertandingan turnamen International U-19 Friendly. Hal itu diungkapkan pelatih Shin Tae-yong.

Dalam pertandingan terakhir, Jumat (11/9) malam WIB, di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, timnas U-19 bermain imbang 3-3 melawan Arab Saudi. Namun mereka sudah tertinggal 3-0 lebih dulu sebelum gol Irfan Jauhari, Saddam Emiruddin, dan Braif Fatari menyamakan kedudukan.

Secara keseluruhan, timnas U-19 mampu melesakkan empat gol, serta kebobolan 13 kali di turnamen ini. Sebelumnya, Garuda Muda dibekap Bulgaria 3-0, dan dibantai tuan rumah Kroasia 7-1.

Tae-yong memberikan apresiasi terhadap perjuangan pemain yang tidak kenal menyerah, meski telah tertinggal tiga gol. Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyebutkan, masih banyak kekurangan timnas U-19 yang dibenahi, terutama pertahanan dan fisik pemain.

“Terima kasih kepada pemain yang telah bekerja keras. Babak pertama kami sudah bagus, namun ada beberapa kekurangan yang sanggup dimanfaatkan Arab Saudi menjadi gol. Tetapi babak kedua, pemain sanggup bermain lebih baik,” kata Tae-yong dikutip laman resmi PSSI.

“Pada tiga kali uji coba terlihat pertahanan menjadi pekerjaan rumah untuk segera kami poles lebih baik lagi. Stamina pemain juga harus makin ditingkatkan.”

Sementara Braif merasa senang turut menyumbang satu gol ke gawang Arab Saudi. Kendati demikian, ujung tombak muda Persija Jakarta ini mengakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki.

“Kami semuanya bekerja keras. Meski tertinggal tiga gol, kami sanggup mengejar. Kami harus terus bekerja keras untuk hasil timnas U-19 yang lebih ciamik lagi,” ucap Braif.

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia hingga akhir September. Setelah tampil di turnamen International U-19 Friendly, Garuda Muda akan beruji coba melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb.

TC ini awalnya disiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober, namun turnamen tim junior itu terpaksa ditunda. Konfederasi sepakbola Asia (AFC) menyebutkan, sejumlah alasan menjadi pertimbangan menunda Piala Asia U-19.

Hal Menarik Lainnya