Pertandingan Liverpool Vs Atletico Madrid Bantu Penyebaran Virus Corona?

By Editor-S - pada 22nd Apr 20 9:54 pm

Arenabola.id -Banyak pihak menyesalkan perizinan duel Liverpool versus Atletico yang bisa dihadiri 52.267 penonton saat laga-laga lainnya tanpa penonton.

Ada klaim yang menyebutkan bahwa partai Liga Champions antara Liverpool dan Atletico Madrid pada 11 Maret lalu membantu penyebaran virus corona di Merseyside dan hal itu mendapat tanggapan dari salah satu penasihat ilmiah pemerintah Inggris.

Tersingkignya Liverpool dari babak 16 besar turnamen musim ini di tangan pasukan Diego Simeone disaksikan oleh publik yang memadati Anfield, dengan 3000 penonton tandang dari Madrid – saat itu Spanyol sudah terkena dampak COVID-19 cukup besar sehingga memaksa mereka untuk menggelar La Liga tanpa penonton.

Sementara itu pertandingan Paris Saint-Germain melawan Borussia Dortmund, yang dimainkan pada saat yang sama, digelar tanpa penonton, dan ada anggapan bahwa tidak melakukan hal yang sama di Anfield merupakan kesalahan fatal.

Profesor Angela McLean mendapat pertanyaan mengenai anggapan tersebut, Senin (20/4) kemarin.

“Saya benar-benar sedih melihat begitu banyak orang di Liverpool yang sakit dan begitu banyak yang meninggal,” katanya.

“Pertanyaan itu perlu dimasukkan ke dalam konteks apa kebijakan yang umum yang diterapkan saat itu.”

“Jika kita menarik ke belakang di mana kita menjalani kehidupan seperti biasa, dalam keadaan itu, pergi menonton pertandingan sepakbola bukan risiko yang sangat besar.”

“Namun, begitu kita berada pada situasi yang aneh sekarang ini, ketika kita menghabiskan seluruh waktu di rumah, tentu saja Anda tidak bisa mengambil risiko dan banyak orang pergi dan berkumpul bersama di satu tempat sekaligus.”

“Saya pikir akan sangat menarik begitu semua penelitian yang ada memunculkan apa kaitannya antara virus yang telah beredar di Liverpool dan di Spanyol – itu tentu merupakan hipotesis menarik yang Anda angkat.”

Di Italia, pertandingan leg pertama babak yang sama antara Atalanta dan Valencia pada 19 Februari, tiga pekan sebelum laga di Anfield, telah disebut sebagai ‘bom biologis’ karena dampaknya mempercepat penyebaran virus di Bergamo.

Para suporter tidak hanya menyebarkan virus di tribune stadion, tapi juga transportasi umum selama perjalanan pergi dan pulang dari stadion, plus yang ada di bar serta titik pertemuan lainnya menjelang pertandingan.

Matthew Ashton, direktur kesehatan masyarakat yang baru ditunjuk Dewan Kota Liverpool, mengatakan kepada The Guardian awal bulan ini: “Bukan keputusan yang tepat untuk menggelar pertandingan [versus Atletico].”

Hal Menarik Lainnya