Presiden FA Spanyol: Pesepakbola Jangan Dites Virus Corona!

By Editor-S - pada 19th Mar 20 9:07 pm

Arenabola.id – Luis Rubiales mengklaim mengetes pesepakbola terkait COVID-19 merupakan hal yang tidak patriotik.

Luis Rubiales, presiden federasi sepakbola Spanyol, mengecam tindakan pengujian virus corona terhadap para pesepakbola yang ia nilai tidak bertanggung jawab dengan situasi saat ini.

Spanyol menjadi salah satu negara Eropa terparah yang terkena pandemi, dengan 11.178 kasus terkonfimasi positif COVID-19 dan hampir 500 orang meninggal dunia.

Tiga pemain La Liga Spanyol disebut-sebut telah terpapar virus tersebut, trio Valencia Ezequiel Garay, Jose Gaya dan Eliaquim Mangala. Kemudian, Espanyol mengumumkan enam pemain mereka terjangkit virus, sementara pengujian diyakini akan dilakukan di setiap klub dalam dua divisi teratas sebagai upaya untuk meredam penyebaran pandemi.

Namun, bagaimanapun juga, Rubiales menilai hal tersebut justru sangat tidak bertanggung jawab karena ada sektor sosial yang lebih membutuhkan daripada para pesepakbola.

“Saya pikir ini tidak bertanggung jawab ketika ada banyak pasien yang lebih banyak dipertaruhkan daripada sekedar kompetisi, dengan nyawa mereka sendiri,” ujar Rubiales.

“Tidak layak untuk menggunakan tes (virus di corona) ketika ada orang-orang yang lebih membutuhkan hal tersebut.

“Kami semua terkurung di rumah. Tidak membuat perbedaan apakah Anda terinfeksi atau tidak. Hasilnya sama (isolasi). Dan jika seseorang memiliki gejala parah, itulah orang yang membutuhkan tes. Bukan pesepakbola. Bagaimanapun juga dia tidak akan diisolasi.

“Otoritas telah mengatakan ini: ‘Jika seseorang memiliki alat uji, masker, sarung tangan, serahkan.’ Rumah sakit sudah kehabisan. Lalu ada seseorang yang mengirim alat uji kepada klub-klub. Itu kurang solidaritas, bahkan itu bisa ilegal. Dia harusnya malu. Kami tidak ingin itu, hal tersebut tidak patriotik.

“Ketika ini semua selesai, ketika lebih sedikit orang membutuhkannya, maka mungkin kami akan mempertimbangkan untuk mengetes para pemain di klub, tetapi untuk saat ini, alat uji harus diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Kami semua harus membantu.”

Hal Menarik Lainnya