PSSI Bantah Kabar Naturalisasi Pemain Asal Brasil di Shopee Liga 1

By Editor-B - pada 21st Agu 20 5:39 am

Arenabola.id – Persiapan tim-tim Shopee Liga 1 2020 diwarnai kehadiran beberapa pemain muda asal Brasil. Mereka beritanya akan dinaturalisasi, tetapi PSSI menyanggahnya.

Minimal telah ada tiga club yang mengambil beberapa pemain muda dari Brasil. Mereka ialah Persija Jakarta, Arema FC, serta Madura United.

Persija datangkan Thiago Apolina Pereira serta Maike Henrique Irine De Lima. Arema FC mengambil Hugo Guilherme Corre Grillo serta Pedro Henrique Bartoli. Sedang Madura United barusan mengambil Robert Junior Rodrigues Santos.

View this post on Instagram

Nama: Robert Junior Rodrigues Santos Posisi : Striker Tinggi badan : 196 Cm Kelahiran : 20 Mei 2001 Mendatangkan pemain asing usia muda bagian dari proyek investasi Madura United FC. Saat pertama kali mendatangkan Emmauel Oti Essigba dengan usia 23 tahun, kami sempat mendapatkan pernyataan dan pertanyaan usianya yang masih muda untuk pemain asing. Pemain adalah bagian dari investasi klub. Madura United akan memperkuat pola investasi dengan merekrut pemain asing usia muda dengan pola jangka waktu kontrak lama. Tentang perannya dalam tim nanti, tentunya pelatih yang akan menentukan apakah langsung diterima atau masih trial lebih dulu. Termasuk, juga kemungkinan menggeser pemain asing yang sudah ada jika pelatih menganggap sangat dibutuhkan untuk didaftarkan secepatnya musim ini.

A post shared by Madura United FC (@maduraunited.fc) on

Dua club yaitu Arema serta Madura United menyebutkan jika kehadiran mereka untuk kebutuhan Tim nasional Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. Tetapi, PSSI barusan keluarkan pengakuan sah yang menyanggah info itu.

“Kehadiran beberapa pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada hubungannya dengan PSSI. Itu kepentingan club klub Liga 1. Pemain yang dipanggil tim nasional Indonesia pasti harus berpaspor Indonesia,” kata Direktur Tehnik PSSI Indra Sjafri di situs sah asosiasi.

Indra Sjafri memperjelas jika faksinya sekarang ini tengah konsentrasi menyiapkan diri untuk tampil di Piala Asia U-19 2020. Tempat ini akan diadakan di Uzbekistan pada Bulan Oktober akan datang.

“Sekarang ini kami terus mempertajam kekuatan pemain mendekati ikuti kompetisi Piala Asia U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberi beberapa menu latihan pada pemain. Setelah itu sebelum ke Piala Asia U-19 di Uzbekistan, kami akan melakukan TC di luar negeri terlebih dulu,” katanya memberikan tambahan.

Walau PSSI menyanggah, kenyataannya dua pemain dari Persija serta Arema yaitu Maike Henrique Irine De Lima serta Pedro Henrique Bartoli pernah ‘dimunculkan’ PSSI. Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dengan cara tidak menyengaja menimbulkan tiga nama calon naturalisasi dalam Webinar bersama-sama IDN Times beberapa lalu.

Hanya Leozao TB nama pemain Brasil yang telah ditampilkan PSSI tetapi belum diambil club Shopee Liga 1. Awalannya Leozao diduga akan masuk ke Madura United, tetapi Laskar Sape Kerrab mengambil pemain Brasil lain yaitu Robert Junior Rodrigues Santos.

Hal Menarik Lainnya