‘Shopee Liga 1 2020 Tak Usah Lanjut meski Klub Sudah Berdarah-darah’

Sabtu, 05 Desember 2020

Arenabola.id – Kompetisi Shopee Liga 1 2020 rencananya baru bisa lanjut tahun depan, walaupun belum ketahuan kapan persisnya. Mengingat situasi, termasuk soal agenda tahun depan, ada saran agar kompetisi tak perlu lanjut.

Saran itu datang dari Direktur PT Putra Sleman Sembada (PSS) Marco Gracia Paulo. Ia menjawab pertanyaan apakah PSS Sleman lebih memilih kompetisi tetap lanjut atau disetop saja.

“Jika ditanya, PSS lebih memih Liga 1 2020 tak usah dilanjutkan meski semua klub sudah mengalami situasi yang berdarah-darah,” kata Marco kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Salah satu pertimbangan mengapa menurutnya Shopee Liga 1 2020 tak perlu lanjut adalah karena banyak event besar di tahun 2021. Termasuk gelaran Piala Dunia U-20.

“Banyak event besar di tahun 2021. Andai kompetisi dijalankan Januari, selesai April, itu jelas dengan asumsi Piala Dunia U-20 tetap berlangsung Mei 2021,” jelasnya.

“Namun, terdapat kemungkinan event akbar itu diundur karena belum selesainya kualifikasi di banyak negara untuk masuk Piala Dunia 2020,” sambungnya.

Bos PSS itu menyarankan, saat ini lebih tepat untuk mengakhiri kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan kemudian federasi maupun operator fokus mempersiapkan roda kompetisi pada musim berikutnya.

“Saat ini lebih tepat untuk menutup lembaran di 2020, dan fokus untuk persiapan yang lebih matang untuk Kompetisi Liga 1 2021. Sehingga berbagai masalah yang ada di tahun 2020 ini tidak berimbas pada kompetisi 2021,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, PT LIB selaku operator kompetisi sudah menyiapkan rencana terkait kelanjutan kompetisi. Dengan rencana lanjut di awal tahun depan, kondisi paling memungkinkan Shopee Liga 1 2020 mulai lagi adalah di bulan Februari.

“Karena kalau kita lihat November, izin kepolisian juga belum turun sampai sekarang. Terus Desember juga lebih berat lagi karena ada Pilkada,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, kepawa wartawan terkait penundaan kompetisi.

“Sementara Januari juga jadi pertimbangan bagaimana persiapan klub, makanya yang paling aman itu di Februari,” ujarnya menambahkan soal kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

Hal Menarik Lainnya