Southampton Vs Everton: Saints Menang 2-0

Minggu, 29 November 2020

Arenabola.id – Southampton berhasil menyudahi catatan tak terkalahkan Everton di awal musim Liga Inggris 2020/2021. The Saints menang dua gol tanpa balas.

Pada laga pekan keenam yang dihelat di St Mary’s, Minggu (25/10/2020) malam WIB, Southampton mencetak seluruh golnya di babak pertama lewat James Ward-Prowse dan Che Adams.

Everton yang berupaya bangkit di babak kedua kesulitan dan malah kehilangan Lucas Digne karena kartu merah. Everton akhirnya kalah untuk pertama kalinya musim ini setelah lima laga sebelumnya berakhir empat menang dan satu imbang.

The Toffees masih di puncak klasemen Liga Inggris dengan 13 poin, tapi hanya unggul selisih gol atas Liverpool di posisi kedua. Southampton ke posisi kelima dengan 10 poin.

Jalannya pertandingan Southampton vs Everton

Everton kesulitan mengimbangi permainan Southampton sedari menit awal. Beberapa kali serangan Southampton yang digawangi James Ward-Prowse, Che Adams, dan Danny Ings merepotkan pertahanan Everton.

Pada menit ke-12, Ryan Bertrand punya kans bikin gol lewat sepakan dari dalam kotak penalti tapi masih melebar dari sasaran. Everton mendapat peluang pertamanya di menit ke-19 lewat Gylfi Sigurdsson.

Sigurdsson mendapat bola sodoran dari James Rodriguez dan menuntaskan lewat sepakan melengkung, tapi masih membentur tiang meski kiper Alex McCarthy sudah mati langkah.

Southampton mendapat kans bikin gol lagi di menit ke-26 lewat Oriel Romeu yang melepaskan bola ke pojok gawang, tapi Jordan Pickford menepisnya. Semenit setelahnya Pickford tak bisa menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Danny Ings mendapat bola di depan kotak penalti. Meski dikawal dua pemain lawan, dia bisa memberikan assist matang kepada Ward-Prowse yang dengan dingin melesakkan bola ke tiang jauh gawang Pickford.

Tertinggal 0-1, Everton bangkit dan meningkatkan intensitas serangan, tapi pertahanan Southampton bermain solid sehingga Dominic Calvert-Lewin dan James Rodriguez sulit bergerak bebas.

Southampton menjauhkan keunggulan pada menit ke-35. Kali ini Ings kembali jadi arsitek golnya ketika pergerakannya di sisi sayap kiri diakhiri dengan crossing ke Che Adams di sisi kanan kotak penalti.

Adams menahan bola beberapa detik sebelum menyepak ke gawang Pickford. Southampton bahkan membuat gol ketiganya di menit ke-40 lewat Stuart Armstrong tapi dianulir, karena Che Adams sudah offside saat mengoper bola.

Hingga turun minum, Southampton tetap unggul 2-0 atas Everton.

Pada babak kedua, Everton memasukkan Bernard untuk coba meningkatkan intensitas serangan. Tapi, kehadiran Bernard tetap sulit memperbaiki keadaan karena Southampton bermain begitu disiplin.

Southampton lebih banyak menunggu di belakang sambil mengincar serangan balik. Pada menit ke-62, Stuart Armstrong melepaskan crossing yang menemui Danny Ings di kotak penalti. Meski berdiri bebas, Ings gagal menyambutnya.

Misi Everton mengejar ketertinggalan makin berat karena Lucas Digne dikartumerah pada menit ke-72 usai menginjak kaki Kyle Walker-Peters saat sedang mengejarnya. Di menit ke-78 Pickford mampu menepis bola sundulan Janik Vestegaard.

Calvert-Lewin benar-benar mati kutu pada pertandingan ini karena tidak bisa mencetak gol sama sekali. Bahkan dia mendapat kartu kuning di injury time. Skor 2-0 bertahan sampai peluit panjang berbunyi di laga Southampton vs Everton.

Susunan pemain

Southampton: Alex McCarthy; Kyle Walker-Peters, Jannik Vestergaard, Ryan Bertrand, Jan Bednarek; Oriol Romeu, Nathan Redmond, Stuart Armstrong (Ibrahima Diallo 85′), James Ward-Prowse; Danny Ings, Che Adams (Daniel N’Lundulu 85′) .

Everton: Jordan Pickford; Lucas Digne, Ben Godfrey, Yerry Mina, Michael Keane; Allan, Gylfi Sigurdsson, Abdoulaye Doucoure (Anthony Gordon 58′); Alex Iwobi, Dominic Calvert-Lewin (Bernard 46′), James Rodriguez.

Hal Menarik Lainnya