Thiago Alcantara Gabung Liverpool Bukan Manchester City, Ini Komentar Pep Guardiola

Rabu, 28 Oktober 2020

Arenabola.id – Guardiola memutuskan untuk tidak mengejar mantan pemainnya tersebut yang pada akhirnya pindah ke Anfield.

Pep Guardiola tidak tertarik untuk merekrut Thiago Alcantara dari Bayern Munich karena meyakini Manchester City memiliki stok gelandang yang cukup baik.

Thiago masuk ke skuad utama Barcelona ketika dilatih Guardiola dan sang juru taktik Catalunya juga memboyongnya ketika pindah melatih Bayern pada musim 2013/14.

Namun, sang pemain tidak mengikuti jejak Guardiola ke City pada musim panas ini, melainkan bergabung dengan rival mereka di Liga Primer Inggris, Liverpool senilai £20 juta.

Berbicara jelang laga pertama City musim ini melawan Wolverhampton Wanderers, Selasa (22/9) dini hari WIB, Guardiola mengatakan bahwa bahkan dengan kepergian David Silva – gelandang yang mirip Thiago – timnya tidak membutuhkan rekrutan anyar untuk lini tengah.

“Kami memiliki cukup banyak pemain di posisi ini dan biasanya kami harus memindahkan pemain saat kami membutuhkan seseorang di posisi itu,” kata Guardiola, yang klubnya juga sempat dikaitkan dengan rumor transfer Lionel Messi. “Kami memiliki cukup banyak pemain di posisi ini.”

Nama-nama seperti Phil Foden, Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan sama-sama akan bersaing mendapatkan tempat di lini tengah bersama Kevin De Bruyne sebagai playmaker tim, meski pun Guardiola mengakui hadirnya Thiago kemungkinan akan membuat rival semakin kuat.

“Saya senang melihatnya di Inggris, Inggris akan menikmati pemain yang sangat bagus,” lanjutnya.

Harapan besar City ada pada Foden, yang diyakini bisa membuat terobosan lain setelah sang gelandang 20 tahun itu tampil memukau sepanjang musim 2019/20 hingga mendapat panggilan memperkuat tim nasional senior Inggris.

Akan tetapi, sikapnya di luar lapangan mulai dipertanyakan setelah Foden bersama dengan remaja Manchester United, Mason Greenwood dicoret dari skuad Inggris usai melanggar aturan COVID-19 tak beberapa lama setelah melakoni debut internasional yang berujung kemenangan 1-0 atas Islandia di UEFA Nations League.

“Saat saya melihatnya, tiga atau empat hari kami bersama, ia baik-baik saja,” kata Guardiola. “Ia tahu telah melakukan kesalahan dan itu saja.”

Performa cemerlang Foden terjadi saat City melanjutkan kompetisi usai lockdown dengan bermain melebar, tapi Guardiola mengatakan akan menempatkannya di posisi yang lebih sentral seperti Silva dan Thiago.

“Ia bisa bermain di posisi lini tengah, atau striker, atau pemain sayap,” imbuh sang bos City.” Ia bisa bermain di depan tanpa masalah.”

 

Hal Menarik Lainnya