Transfer James Rodriguez Ke Everton Ternyata Gratis, Bagaimana Bisa?

Rabu, 28 Oktober 2020

Arenabola.id – James bereuni dengan Carlo Ancelotti di Goodison Park setelah didatangkan dari Real Madrid, namun kepindahannya mengundang pertanyaan.

Kepindahan James Rodriguez ke Everton dari Real Madrid diduga bebas transfer, menurut Banfield selaku mantan klub bintang Kolombia tersebut. Mereka mengklaim bahwa pihaknya tidak menerima uang dari kepindahan pemain berusia 29 tahun itu ke Liga Primer Inggris.

James bereuni kembali dengan mantan pelatihnya di Madrid dan Bayern Munich Carlo Ancelotti di Goodison Park pada awal bulan ini, dengan ia menyudahi kisah enam tahunnya bersama raksasa Spanyol itu, yang termasuk masa pinjaman ke Bavaria selama dua musim.

Sejumlah laporan menyebut The Toffees mengeluarkan uang mencapai £22 juta (€24,1 juta / $28,5 juta) untuk mendatangkan sang pemain dari LaLiga dan, playmaker itu tampaknya telah membuktikn diri sebagai rekrutan layak seturut penampilan apiknya di laga debut dalam kemenangan di markas Tottenham Hotspur.

Tapi sekarang, klub Divisi Primera Argentina Banfield – yang pernah diperkuat James selama satu setengah tahun sebelum pindah ke FC Porto pada 2010 – mengklaim bahwa nilai sebenarnya dari kepindahan sang pemain jauh lebih rendah daripada yang dilaporkan setelah mereka mencoba untuk mencari ‘persenan’ dari transfer ini.

Banfield mengatakan mereka berhak ‘kecipratan’ uang dari transfer si pemain dalam proses kepindahannya – seperti yang mereka dapat ketika ia pindah ke Portugal, ke Monaco, ke Spanyol – tetapi mereka tidak memperoleh penghasilan apa pun dari langkahnya ke Inggris.

“Setelah mendengar berita tentang transfer James Rodriguez dari Real Madrid ke Everton, dan dengan memperhatikan peraturan FIFA saat ini, Klub Atletico Banfield membuat pertanyaan terkait untuk mengetahui apakah mereka [Everton] bertanggung jawab untuk memberikan uang melalui mekanisme solidaritas,” demikian bunyi pernyataan dari bendahara klub Ignacio Uzquiza.

“Terlepas dari berbagai laporan dari media yang menunjukkan bahwa transfer itu memakan biaya yang signifikan – kondisi di mana Banfield akan mendapatkan keuntungan lewat persentase dari jumlah tersebut karena telah berkontribusi pada pengembangan si pemain – kami menemukan bahwa bukan itu masalahnya.

“Sayangnya, karena sifat transfer James Rodriguez dari Real Madrid ke Everton ke Banfield, tidak ada uang yang kemudian harus dibayarkan. Transaksi itu dilakukan tanpa biaya, seolah-olah dia adalah pemain bebas.”

James sejatinya masih memiliki satu tahun tersisa di kontraknya dengan Madrid sebelum pindah ke Everton, dan Banfield menambahkan bahwa pertanyaan mereka ke kedua klub dan badan pemerintahan yang lebih luas telah menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan memperloeh bagian uang.

“Konsultasi terkait telah dilakukan kepada dua klub yang terlibat dan organisasi terkait,” tambah mereka. “Dalam kasus ini, mereka menegaskan kepada kami bahwa klub tidak akan menerima uang sebagai mekanisme solidaritas.”

Hal Menarik Lainnya