UEFA Konfirmasi Final Liga Champions Mungkin Dimainkan 3 Agustus

Sabtu, 31 Oktober 2020

Arenabola.id – UEFA bertekad untuk menyelesaikan Liga Champions musim ini dan rencananya, partai final dihelat 3 Agustus mendatang.

UEFA merilis tanggal terbaru terkait kemungkinan final Liga Champions musim 2019/20. Presiden badan tertinggi sepakbola Eropa itu, Aleksander Ceferin, menegaskan, 3 Agustus mungkin jadi jadwal partai puncak turnamen antarklub terbaik Eropa tersebut.

Pandemi virus corona telah menyebabkan berbagai kegiatan olahraga, termasuk kompetisi sepakbola, ditangguhkan. Hal ini memberikan dampak besar bagi sistem sepakbola Eropa yang sebelumnya tak pernah terjadi.

Hampir seluruh liga-liga top dihentikan sementara dan penangguhan ini mengakibatkan Euro 2020 mesti diundur 12 bulan.

Targetnya, kampanye musim 2019/20 bisa diselesaikan pada akhir Juni, tapi berbagai pihak meragukan bila melihat realitas yang ada, mengingat bila ancaman pandemi tak juga reda.

Ceferin terus berusaha memberikan kejelasan terkait musim Liga Champions dan Liga Europa, dengan langkah pembatalan dua turnamen itu tampak mungkin diambil jika liga-liga Eropa tidak bisa dituntaskan pada permulaan Agustus.

Sang presiden juga mempertimbangkan untuk mengubah sistem fase gugur.

“Ini harus selesai pada 3 Agustus, baik Liga Champions dan Liga Europa,” tuturnya kepada media Jerman, ZDF.

“Kami berada dalam situasi yang genting, jadi kami fleksibel terkait tanggal, jadwal dan kick-off. Jika krisis ini berakhir lebih awal, maka kami bisa sesegera mungkin memulai,” jelasnya.

“Namun, jika kami dalam kondisi aman, maka saya tidak melihat adanya masalah itu,” tandasnya.

Dalam sepucuk surat yang dikeluarkan untuk klub-klub Eropa pada pekan ini, UEFA menyatakan bahwa kompetisi seharusnya tidak ditinggalkan begitu saja.

“Kami yakin, sepakbola bisa dimulai lagi dalam beberapa bulan lagi, dengan kondisi yang akan ditentukan oleh otoritas publik, dan yakin bahwa keputusan apa pun untuk meninggalkan kompetisi domestik di tahapan ini, prematur dan tidak dapat dibenarkan,” tegas Ceferin, chairman ECA Andrea Agnelli dan presiden EL Lars- Christer Olsson dalam kiriman surat mereka untuk liga dan klub-klub yang bernaung di dalamnya

Hal Menarik Lainnya