UEFA Pakai ‘Sporting Merit’ Untuk Tentukan Klub Yang Lolos Ke Liga Champi …

By Editor-S - pada 24th Apr 20 11:06 pm

Arenabola.id – Mayoritas liga domestik di Eropa musim ini terancam batal rampung dan UEFA bakal meminta masing-masing federasi untuk menunjuk klub-klub yang lolos.

UEFA menyatakan akan memakai aturan ‘sporting merit’ dalam menentukan klub-klub yang berhak lolos ke kompetisi Eropa musim depan, termasuk Liga Champions, meski tetap berharap proses kualifikasi bisa tetap dilaksanakan secara normal melalui jalur liga domestik.

Musim sepakbola di sebagian besar Eropa telah terhenti tanpa batas waktu sejak bulan lalu menyusul adanya pandemi virus corona, selain liga-liga domestik, Liga Champions dan Liga Europa juga terkena dampaknya.

Belgia sudah memutuskan pembatalan liga mereka musim ini, disusul oleh Skotlandia yang menyudahi kompetisi kasta bawah mereka dan Belanda juga berancang-ancang menutup Eredivisie kampanye 2019/20 setelah melarang aktivitas sepakbola hingga 1 September. Sementara itu, lima liga top, Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis tengah bekerja keras menemukan solusi yang tepat.

Komite Eksekutif UEFA melakukan rapat melalui sambungan video, Kamis (23/4) guna membahas nasib kelanjutan liga-liga musim ini dan juga mengenai bagaimana tata cara dalam menentukan klub-klub yang berhak masuk ke Liga Champions dan Liga Europa musim 2020/21.

Sejatinya, UEFA masih berharap agar situasi bisa kembali normal sesegera mungkin dan semua kompetisi bisa kembali dilanjutkan hingga akhir, dengan demikian penentuan kualifikasi ke kancah Eropa bisa dilakukan seperti biasa berdasarkan peringkat klasemen.

Namun, seandainya kondisi tidak memungkinkan untuk menuntaskan kampanye musim ini, maka UEFA telah menyiapkan opsi lain, yakni berdasarkan ‘sporting merit’, yang berarti akan meminta federasi masing-masing negara untuk menentukan klub-klub mana saja yang dianggap berhak lolos ke kompetisi Eropa.

“Sebagai hasil dari keputusan yang dibuat federasi Belgia dan Skotlandia, komite menyoroti situasi terkini dan menyetujui pedoman tentang prinsip kelayakan untuk kompetisi klub UEFA 2020/21. Pedoman kami klub yang lolos ke kompetisi UEFA selalu berdasarkan pencapaian mereka dalam sudut pandang olahraga,” tulis pernyataan resmi UEFA.”UEFA akan mendesak federasi dan pihak liga mencari segala opsi supaya kompetisi teratas bisa kembali bergulir. Ini agar tiket menuju kompetisi Eropa bisa ditentukan seperti biasanya oleh mereka. Namun, UEFA tetap menekankan bahwa kesehatan para pemain, penonton dan semua yang terlibat dalam sepakbola serta publik harus terus menjadi perhatian utama saat ini.”

Hal Menarik Lainnya